Tips Sukses Wawancara [Akhir] Uniqlo

ʟ ᴜ ᴄ ʏ
3 min readAug 14, 2020

Sehubungan masih banyak pembaca yang bertanya prihal wawancara akhir bagi program UMC, maka kutulis kolom tambahan untuk memperjelasnya.

Uniqlo UMC career interview, proses wawancara

Wawancara Uniqlo biasanya dimulai pukul 10.00 WIB di PT Fast Retailing Indonesia Headquarter — Sumitmmas Tower II, 19th floor atau South Quarter Tower C, 17th floor dan dilakukan oleh 3 orang ekspatriat (salah 1 atau 2 adalah Nihonjin) ditambah 1 orang WNI (biasa HRD’nya) sebagai pengamat.

Ada 2 metode yang biasa mereka lakukan untuk wawancara:

  1. Jika calon UMC lebih dari 15 orang dalam 1 hari interview, biasa dilakukan wawancara kelompok yang terdiri dari 2 orang per sesi.
  2. Jika calon UMC kurang dari 15 orang dalam 1 hari interview, maka akan dipanggil satu per satu untuk masuk ke dalam ruangan.

Cukup istirahat

Bagi kalian yang berasal dari luar Jakarta ada baiknya cukup istirahat sehari sebelumnya, dikarenakan waktu wawancara yang agak siang dan cuaca Jakarta bisa menghambat kesegaran tubuh. Jangan lupa sarapan agar fokus.

Kelengkapan berkas

Walaupun fotomu telah tercetak dalam CV, pihak penyelia akan tetap meminta kalian untuk membawa pas foto berukuran 3x4 (1–4 lembar). Jadi siapkan sebelumnya, baik diminta atau tidak.

Bahasa Inggris

Sebagaimana dikenal bahwa Uniqlo adalah perusahaan yang berasal dari Jepang di mana lebih dari 50% yang bekerja di sana adalah ekspatriat (termasuk para petingginya). Oleh karena itu bahasa yang digunakan sehari-hari adalah bahasa Inggris.

Pertanyaannya, gimana klo bahasa Inggris saya pas-pasan?

Jadi gini, karena ini adalah program Uniqlo Manager Candidate yang mana kelak dari mereka akan naik pangkat menjadi Store Manager. Sebagai seorang manajer semua laporan langsung dipertanggungjawabkan kepada para petinggi yang notabene adalah para ekspatriat. Maka dari itu bahasa Inggris adalah suatu keharusan. Belum lagi jika dilakukan rotasi ke abroad.

Jika bahasa Inggrisnya pas-pasan, minimal latihan untuk conversation. Untuk writing bisa sambil berjalan. Diusahakan memiliki TOEFL minimal 500, namun jika kurang dari segitu tetap tidak ada salahnya untuk mencoba melamar. Namanya juga usaha, tul ga!

Pakaian

Baju yang digunakan saat wawancara sama seperti ketika kalian akan bekerja. Karena ini perusahaan Jepang yang mana semua akan jadi penilaian untuk lolos atau tidaknya. Bagi laki-laki kenakan kemeja polos warna bebas dan celana kain. Untuk wanita atasan berkerah dengan tangan panjang/pendek (bukan tanpa lengan) dan bawahan rok/celana formal (bukan jeans).

Posisi duduk

Duduk dengan tegak, kedua kaki tegak lurus menyentuh lantai (tidak disilang). Jika gugup, tarik napas panjang 3–5x dan hembuskan perlahan agar ritme jantungnya normal kembali. Hindari goyang-goyang kaki atau lainnya.

Pertanyaan

Pertanyaan yang diajukan tidak banyak, sekitar 5–6 pertanyaan dibolak/ik. Intinya kalian harus mengetahui seputar dunia fashion, retailing, brand pesaing (H&M, GAP, dll.) dan apa yang akan kalian lakukan jika kalian menjadi seorang manajer.

Hasil akhir

Biasanya akan langsung terlihat dari raut wajah dari yang mewawancara dan proses wawancara berlangsung apakah akan lolos atau tidak. Bagi mereka yang lolos akan dihubungi paling lambat 1 minggu setelah wawancara ini berakhir, sedangkan yang tidak lolos 2 minggu sampai 1 bulan pemberitahuannya.

Setelah lolos dilakukan internship, penilaian dan pemantapan, atau langsung penandatanganan kontrak serta penempatan, namun tetap akan ada penilaian-penilaian selanjutnya setelah 3 bulan oleh supervisor terhadap kinerja kalian. Penilaian ini yang akan menentukan apakah kalian cocok untuk menjadi Store Manager atau tidak.

Yang harus diperhatikan… proses wawancara Uniqlo tidak selalu sama. Ada yang seperti simulasi, lalu dibagi per kelompok buat sharing untuk proses seleksi awal (jadi bukan seperti wawancara formal) dan yang lolos lanjut untuk mengikuti psikotest online. Sehingga tulisan di atas hanya sebagai gambaran dasar dan bukan patokan alur perekrutan di Uniqlo. Apabila ada hal lain yang kurang jelas silahkan lihat kolom FAQ.

--

--

ʟ ᴜ ᴄ ʏ

I'm a part time (artist) who lives 17% in the digital world, 3% in the dream world and 80% in the real world.